LAPORAN ON THE JOM LEARNEING


                                                                     
                                                             BAB I
PENDAHULUAN

1.1 DASAR

Diklat  ToT Asesor Penilaian Potensi Kepemimpinan PPK dan Makalah Kepemimpinan MK , diselenggarakan oleh LPMP Jawa Barat yang bertempat di Hotel Takashimaya Lembang Bandung . Dengan pola Diklat antara lain ;
1.      In Service 1 , tanggala 7 sampai dengan 13 Desember 2011 ( Pola  7 hari = 70 JP )
2.      On The Job Learning ( OJL ) , Proses kegiatannya Implementasi Pengembangan Instrumen Penilaian Potensi Kepemimpinan PPK  dan Makalah Kepemimpinan MK    ( Pola  1 minggu  = 20 JP ) mulai tanggal 14 sampai dengan 25 Desember 2011.
3.      In Service 2 , Proses kegiatanya adalah Presentase dan Penilaian hasil On The Job Learning  OJL   yang dilakukan oleh peserta di sekolah . ( Pola  3 hari  = 20 JP )
Untuk In Service 2  diselenggarakan di Hotel Takashimaya Lembang pada tanggal 27 dengan tanggal 25 Desember 2011.


On The Job Learning Penilaian Potensi Kepemimpinan PPK dan Makalah Kepemimpinan MK , sebagai langkah dalam mengimplementasikan Instrumen  yang berupa : Instrumen 1.a. Respon Terhadap Situasi Mendesak dengan tindakan Taktis, Instrumen  1.b. Respon Terhadap Situasi Mendesak dengan Tendakan Taktis dan Pertimbangan Kritis , Instrumen 2 , Kreatifitas dan alternative Pemecahan Masalah pada Kasus Bermasalah , Instrumen 3 ,Penganbilan Kepurusan Berbasis Bukti Dokumen dan tindakan sistematis pada Kondisi Bermasalah.

Sumber data bisa diambildari;                                                                                     (a.) Dokumen Sekolah Melalui Pengamatan / Observasi dan Wawancara.                                      (b) Media Masa/Cetak  untuk memperoleh deskripsi fakta data sekolah-sekolah serta         guru dalam lingkup pembinaan, sehingga dapat menentukan langkah-langkah yang harus ambil secara tepat dalam memperbiki  dan mengembangkan mutu pendidika


1.2.RUANGLINGKUPPOTENSIKEPEMIMPINAN

Ruang Lingkup Potensi Kepemimpinan meliputi :

A. Standar Nasional Pendidikan
1.      Standar Isi
2.      Standar Proses
3.      Standar Kompetensi Lulusan
4.      Standar Pendidik dan Tenaga Kependidikan
5.      Standar Pengelolaan
6.      Standar Sarana dan Prasarana
7.      Standar Pembiayaan
8.      Standar Penilaian




B. Kinerja Kepala Sekolah

a.       Kepribadian dan Sosial
b.      Kepemimpinan Pembelajaran
c.       Pengembangan Sekolah
d.      Manajeman Sumber Daya
e.       Kewirausahaan
f.       SupervisiPembelajaran


1.3.WAKTUDANTEMPATPELAKSANAAN

Waktu pelaksanaan On The Job Learning :
Dimulai pada bulan 14 Desember 2011 sampai   dengan 25 Desember 2011.

Tempat Pelaksanaan On The Job Learaning : Sekolah Dasar Negeri Indrakila  Kecamatan
Sindang Kabupaten Majalengka































                                    


BAB II
PELAKSANAAN ON THE JOB LEARNING

Pelaksanaan On The Job Learning ( OJL )     Penilaian Potensi Kepemimpinan  PPK dilaksanakan di Sekolah Dasar Negeri Indrakila Kecamatan Sindang Kabupaten Majalengka dengan mengangkat kasusu dari  :
1.      Profil  SD Negeri Indrakila
2.      Evaluasi Diri Sekolah  ( EDS )  SD Negeri Indrakila
3.      Pengamatan dan obsevasi oleh peserta OJL pada Data sekolah dan wawancara kepada warga sekolah

2.1 RESPON TERHADAP SITUASI  1. a

Respon situasi 1.a.
“ adalah bagian dari PPK yang dilakukan untuk memperoleh gambaran mengenai kemampuan asesi dalam menganalisis, menelaah, dan mengatasi situasi bermasalah yang mendesak untuk segera ditangani

Asesor meminta asesi untuk merespon situasi bermasalah yang secara mendesak harus segera di selesaikan tersebut dalam bentuk menuliskan Rencana Tindak yang bersipat Taktis untuk secara cepat menyelesaikan masalah yang mendesak. Alur penulisan rencana tindak tersebut adalah sebagai berikut ;
1.       Asesi melakukan identifikasi situasi bermasalah yang sifatnya mendesak untuk segera diatasi lalu menuliskan kesimpulan lengkap dengan pertimbangannya.
2.       Asesi membuat rencana tindak yang secara taktisdalam menyelesaikan masalah, lalu menuliskan rencana tersebut lengkap dengan pertimbangan yang melatarbelakangi tindakan tersebut
Kualitasrespon asesi dinilai oleh asesor berdasarkan pada ketepatan tindakan yang direncanakan kualitas tersebut akan dikatagorikansebagai respon ‘ kurang memuaskan , memuaskan atau sangat memuaskan.’ Hasil penilaiannya disampaikan oleh asesor pada asesi dalam bentuk Umpan balik secara lisan.


2.2 RESPON TERHADAP SITUASI 1.b

Instrumen respon terhadap situasi 1.b
adalah bagian dari PPK yang dilakukan untuk memperoleh gambaran mengenai kemampuuan berpikir Kritis dalam menganalisis , menelaah, dan mengatasi situasi bermasalah yang sifatnya mendesak untuksegara diatasi

Asasi diminta untuk merespon situasi bermasalah yang mendesak harus segera diatasi dalam bentuk menuliskan rencana tindak yang bersifat taktis untuk secara cepat menyelesaikan masalah yang mendesak . Alur penulisan rencan tindak tersebut adalah sebagai berikut ;
1.     Asesi melakukan identifikasi situasi bermasalah yang sifatnya mendesak untuk segara diatasi lalu menuliskan kesimpulan lengkap dengan pertimbangannya
2.     Asesi menilai contoh respon kepala sekolah yang dicantumkan dalam scenario berdasarkan katagori ‘ kurang memuaskan, memuaskan dan sangat memuaskan ‘. Hasil penilaian ditulis lengkap dengan pertimbangannya.
3.     Asesi membuat rencana tindak yang secara taktis dapat menyelesaikan masalah, lalu menuliskan rencana tersebut lengkap dengan pertimbangan yang melatar belakangi tindakan tersebut. Khusus pada tahap iniasesi diharapkan dapat mengajukan rencana tindak yang lebih baik dari respo kepala sekolah yang di contohkan.
Kualitas respon asesi dinilai oleh asesor berdasrkan pada ketepatan tindakan yang direncanakan maupun penilaian yang dilakukan oleh asesi. Kualitas tersebut akan dikatagorikan sebagai respon yang  kurang memuaskan, memuaskan atau sangat memuaskan’. Hasil penilaian disampaikan oleh asesor pada asesi dalam bentuk Umpan balik secara lisan.


2.3 KREATIFITAS DAN PEMECAHAN MASALAH . 2


Kreatifitas dan pemecahan masalah adalah bagian dari PPK yang dilakukan ontuk memperoleh gambaran mengenai kreativitas para calon kepala sakolah dalam menyelesaikan masalah yang tidak terlalumendesak tetapi penting untuk diselesaikan

Asesi diminti untuk meraspon kasus tersebut dalam bentuk menuliskan rencana tindak yang bersifat spesifik dan kreatif untuk menyelesaikan masalah. Alur penulisan rencana tindak tersebut adalah sebagai berikut ;
Asesi melakukan identifikasi masalah yang penting untuk diselesaikan lalu menuliskan kesimpulan lengkap dengan pertimbangannya
1.      Asesi membuat 3 rencana tindak yang berbeda beda pokus dan cara penyelesaian masalahnya lalu menuliskan rencana tersebut lengkap dengan pertimbangan yang melatarbelakangi tindakan tersebut
2.      Khusus pada instrument ini, asesi dininta memilih rencana tindak yang paling baik dalam hal ketepatan dan kemumhkinan aplikasinya. Asesi juga harus menuliskan pertimbangan atas pilihan rencana tindaknya tersebut.
Kualitas respon asesi dinilai oleh asesor berdasarkan pada ketepatan dan kreatifitas tindakan yang direncanakan. Kualitas tersebut akan dikatagorikan sebagai respon yang  ‘kurang memuaskan , memuaskan atau sangat memuaskan’. Hasil penilaian disampaikan oleh asesor pada asesi dalam bentuk Umpan balik secara lisan.


2.4 PENGAMBILAN KEPUTUSAN BERBASIS BUKTI . 3

Instrumen Pengambinal keputusan berbasis bukti adalah bagian dari PPK yang dilakukan untuk memperoleh gambaran mengenai kemampuan menganalisis dan menelaah berbagai dokumentasi kondisi sekolah yang bermasalah
Asesi dimanta untuk merespon konsis bermasalah tersebur dalam bentuk menuliskan detai rencana tindak secara sistematis untuk menyelesaikan masalah. Alur penulisan rencana tidak tersebut adalah sebagai berikut ;
1.     Asesi mengidentifikasi kondisi yang tidak memenuhi tuntutan SNP dan penyelesaiannya memerlukan kerjasama seluruh elemen sekolah lengkap dengan pertimbangannya.
2.     Asesi mengiudentifikasi infornasi-informasi penting yang diperlukan untuk membenahi kondisi bermasalah yang berhasil diidentifikasi
3.     Asesi membuat rencana tindak yang aplikatif lalu menuluskan rencana tersebut detail dan sistematis dengan pertimbangan yang melatar belakangi tindakan tersebut
Kualitas respon asesi dinilai oleh asesor berdasarkan pada ketepatan dan sistematika tindakan yang direncanakan . Kualitas tersebut akan dikatagorikan segagai respon yang kurang memuaskan , memuaskan atau sangat memuaskan . Hasil penilaian disampaikan oleh asewsor pada asesi dalam bentuk Umpan balik secara lisan.

2.5  WAWANCARA


Wawancara dilakukan oleh asesor pada asesi dalam rangka klarifikasi respon tertulis , meyakinkan jawaban asesi secara lisan,dan menggali potensi kepemimpinan asesi yang belum dituangkan pada respon tertulis


2.6 MAKALAH KEPEMIMPINAN ( MK )

Makalah Kepemimpinan dibuat oleh asesi pada saat seleksi Akademik berjalan, dengan ketentuan sebagai berikut ;
1.     Tidak diperbolehkan membawa buku reperensi
2.     Kertas untuk makalah disediakan dan di stempel panitia  
3.     Penulisan langsung ( tulis tangan ) huruf lepas dengan pulpen warna biru
4.     Subtansi lebih menggali pengetahuan /wawasan peserta tentang kepemimpinan sekolah mencakup 4M (MEMPENGARUHI,MENGGERAKAN , MENGEMBANGKAN DAN MEMBERDAYAKAN ) Sumberdaya Pendidikan
5.     Waktu  5 x 45 Menit






























BAB III
KESIMPULAN DAN SARAN


3.1 KESIMPULAN

Kegiatan On The Job Learning dapat berjalan sesuai dengan yang diinginkan, dilaksanakan dari tanggal 14 Desember 201
1 sampai dengan 25 Desember 2011.

3.2  SARAN
            Dengan adanya Pelatihan Assesor Calon Kepala Sekolah diharapkan tidak sebatas teori, tetapi ada realisasi dimasa yang akan datang, dan kepada semua pihak dapat bertanggung jawab terhadap amanah yang telah diberikan, serta dapat berkelanjutan.


3.3  REKOMENDASI

Kegiatan ini mendapat respon yang positif dari  sekolah yang dikunjungi , kami berharap supaya ditindaklanjuti dengan kegiatan berikutnya


LAMPIRAN-LAMPIRAN :

1.BiodataPeserta Pelatihan
2. Surat Keterangan Pelaksanaan Kegiatan On The Job Learning dari kepala sekolah
3. Jadwal Kegiatan On The Job Learning
4. Propil Sekolah
5. Evaluasi Diri Sekolah EDS SD Indrakila
4. Pelaksanaan Pengisian Instrumen PPK dan MK




0 Response to "LAPORAN ON THE JOM LEARNEING"

Posting Komentar